Turnamen Bulutangkis Daihatsu ASTEC Open 2019 Makin Bergengsi

Otoplasa.com – Antusias peserta turnamen bulutangkis yang digagas Daihatsu bersama Alan & Susy Technology (ASTEC) semakin meningkat. Pasalnya dari beberapa seri yang digelar di beberapa kota, mencatatkan jumlah peserta yang semakin bertambah setiap tahunnya.

Khusus di Surabaya, lebih dari 600 atlit muda bulutangkis mendaftarkan diri beradu ketangkasan pada ajang Daihatsu ASTEC Open 2019. Surabaya menjadi salah satu dari 7 kota di Indonesia yang menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis yang sudah dihelat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kali keempat sejak 2016 lalu. Di Surabaya, turnamen ini akan digelar pada 9-14 Oktober 2019 di GOR Bulutangkis Soedirman.

Domestic Marketing and CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, turnamen hasil kerjasama Daihatsu dengan Alan & Susy Technology (ASTEC) di tahun ini dinilai istimewa karena peningkatan level turnamen di seluruh kota penyelenggara.

“Selain terdaftar dalam agenda Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), turnamen Daihatsu Astec Open 2019 ini juga mengalami peningkatan level menjadi BAC (Badminton Asia Confederation),” katanya pada conference press Daihatsu Astec Open 2019 di Surabaya, Jumat (27/09).

Menurutnya, peningkatan level turnamen ini untuk mengapresiasi tingginya animo masyarakat terhadap olahraga bulutangkis, yang merupakan salah satu abang olahraga paling populer di Indonesia. Tak hanya itu, melalui turnamen ini para atlit dapat memperbesar peluang untuk masuk seleksi Pelatnas (Pemusatan Latihan Nasional) dan berpeluang meningkatkan poin resmi yang terdaftar dan diakui oleh federasi bulu tangkis tingkat dunia, yaitu BWF (Badminton World Federation).

“Daihatsu komitmen dengan pembinaan bulutangkis di Indonesia. Kami berharap para atlit muda Tanah Air bisa berkesempatan di ajang internasional,” ujar Hendrayadi.

Dia bersyukur, di setiap turnamen yang digelarnya selalu mendapat respon positif dari masyarakat khususnya atlit muda bulutangkis. Terbukti, di Surabaya saja sampai saat ini sudah ada pendaftar lebih dari 600 orang.

Sementara sejak diselenggarakan pada awal tahun di Medan, Balikpapan, Bandung, Jogjakarta, dan Makassar, telah tercatat lebih dari 4.300 peserta yang mendaftar pada turnamen ini.

“Jumlah ini membuktikan tingginya partisipasi masyarakat Pencinta Bulutangkis Indonesia terhadap turnamen Daihatsu Astec Open 2019, yang pada akhirnya para pemenang akan memperebutkan gelar juara pada turnamen final di Jakarta,” ulasnya.

Di tempat yang sama, mantan pebulu tangkis nasional Alan Budikusuma berharap di daerah-daerah tumbuh banyak klub sehingga memunculkan atlet-atlet muda dan usia dini potensial yang sangat dinantikan prestasinya untuk Indonesia.

Menurut Founder Astec tersebut, kehadiran klub juga harus didukung dengan turnamen atau kejuaraan yang menjadi panggung bagi atlet sekaligus pengalaman agar lebih matang.

“Di daerah-daerah, khususnya di luar Pulau Jawa sangat minim pertandingan, terutama di sisi usia dini. Makanya kejuaraan seperti ini sangat penting dan kesempatan untuk mencari bibit-bibit atlet,” ucap peraih medali emas tunggal putra Olimpiade Barcelona 1992 tersebut.

Kejuaraan bulu tangkis, lanjut dia, juga diharapkan memunculkan atlet beserta pelatih-pelatih yang selama ini jarang terpantau sekaligus mampu menggairahkan bulu tangkis di daerah. “Manfaat kejuaraan ini sangat penting, karena atlet-atlet di usia dini dapat terpantau. PBSI selaku federasi juga sangat membutuhkan pemain bagus dan berkualitas,” kata suami Susy Susanti tersebut.

Sejumlah pebulu tangkis nasional yang sempat mengikuti kejuaraan Daihatsu Astec Open antara lain pebulu tangkis ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo serta pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska.

Turnamen Daihatsu ASTEC Open 2019 dibagi menjadi beberapa kategori pemenang berdasarkan umur, dimulai dari U-13, U-15, U-17, U-19, Dewasa dan Veteran. Selain menggelar pertandingan, turnamen ini juga mengadakan Coaching Clinic yang langsung melibatkan Alan dan Susy sebagai pembicara.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra menuturkan, Daihatsu telah hadir di Indonesia sejak 40 tahun lalu, dan ingin berkontribusi positif bagi Indonesia, salah satunya melalui turnamen bulutangkis ini. Pihaknya pun bersyukur selama ini even tersebut mendapat sambutan positif baik dari atlit nasional maupun internasional.

“Kami berharap melalui turnamen ini dapat melahirkan bibit-bibit muda bulutangkis dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya Surabaya, hingga dapat berprestasi ke ajang kompetisi yang lebih tinggi yang dapat mengharumkan nama bangsa,” ujar Amelia.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Internal Communication Manager PT Frisian Flag Indonesia Viyanthi Silvana, juga Regional Head Jawa Timur-Bali PT Astra International Daihatsu Sales Operation Tunjung Pramusinto. Frisian Flag sendiri ikut mendukung turnamen tersebut karena melihat kesamaan visi dengan Daihatsu untuk membina atlit muda berbakat Tanah Air untuk terus berprestasi. (anto/27-09-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *