Waspada Kulminasi, Panasnya Hari Tanpa Bayangan

Otoplasa.com – Kerap mengeluhkan betapa panasnya cuaca di siang hari, bersiap-siap saja bakal ada yang lebih terik, yaitu kulminasi. Inilah hari dimana ketika siang bakal tak ada bayangan akibat posisi matahari yang seakan berada di atas kepala kita.

Bagi para bikers atau pengendara motor, pastikan selalu memakai jaket dan sarung tangan. Usahakan asupan air minum cukup biar terhindar dari dehidrasi. Tak kalah penting memakai lotion pelembab kulit supaya menghindari kulit terbakar matahari. Sementara bagi yang naik mobil, kinerja AC harus optimal supaya tak kepanasan di dalam kabin.

Dari data Klimatologi BMKG menyebutkan bahwa kulminasi yang dikenal dengan sebutan hari tanpa bayangan akan terjadi di 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur pada pertengahan Oktober 2019. Mengingat sekarang sudah memasuki pekan pertama, maka hari terpanas telah ada di depan mata.

Etik Setyaningrum Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta mengatakan ketika kulminasi, matahari akan tepat berada di atas kepala. Dampaknya bayangan seakan tak terlihat karena menghilang, terhalang akibat bertumpuk dengan benda atau orang itu sendiri.

“Di Indonesia rutin terjadi setahun dua kali fenomena hari tanpa bayangan. Sesuatu yang normal. Kondisi ini terjadi berkenaan dengan posisi gerak semu harian matahari,” katanya.

Ketika kulminasi suhu udara akan terasa lebih panas dan lazim terjadi pada September-Oktober. Inilah puncaknya musim kemarau.

Lalu kapan tepatnya kulminasi di Jawa Timur, berikut tanggal dan jamnya: (boi/08-10-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *