Mazda RX-9 Rotary Siap Hadapi Supra & Cayman

Otoplasa.com – Rumor berhembus kencang bahwa Mazda siap menghadirkan penerus sportcar RX-7 dan RX-8 bermesin rotary. Meski sempat dicap bahwa mesin tersebut boros oli dan bensin hingga tak ramah lingkungan, insiyur Mazda yakin mampu menjadikannya lebih baik ala teknologi skyactiv.

Paling cepat sebelum 2020 RX-9 akan hadir dan siap bertarung dengan Toyota Supra maupun Porsche Cayman. Harganya bisa jadi tak lebih dari 50 ribu Poundsterling. Jadi bisa dibayangkan jika mobil ini masuk ke Indonesia harus siap-siap menjumpai pajak yang lebih tinggi.

Yang khas tentang Mazda adalah bahasa desain Kodo. Wujudnya seakan fluida yang mengalir hingga menjadikannya sangat aerodinamis. Sepintas RX-9 dengan bonnet yang panjang bagaikan tunggangan Batman.

Mesin rotary yang diusung lebih kompak dan terkesan kecil. Meski kecil namun jangan remehkan tenaga yang mampu digalinya. Yakni mencapai 300 hp dengan asumsi posisi dari diam dan berlari ke 100 km/jam tak butuh waktu lebih dari 6 detik! Santer terdengar ada penambahan supercharged yang membikinnya lebih irit namun tetap bertenaga.

Penempatan mesinnya pun lebih rendah gravitasinya, sehingga memberikan jaminan mobil seakan menapak pada aspal ketika dipacu pada kecepatan tinggi. Mengusung jaminan teknologi yang ramah lingkungan, Mazda bakal memberikan embel-embel Skyactiv-R.

Bila suatu saat nanti konsumen berhasil membuktikan bahwa mesin rotary terbaru ini lebih ramah lingkungan, bisa-bisa bakal jadi favorit penunggang sportcar. (anto/09-10-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *