Yamaha YZF-R1M Legal Street Rossi Vinales Tampil Gahar

Otoplasa.com – Honda memang telah meluncurkan replika RC 213V tunggangan Marc Marquez versi jalan raya. Lalu jika ada penggemar Yamaha, kira-kira motor apa yang mesinnya mendekati kuda besi Valentino Rossi maupun Maverick Vinales di lintasan MotoGP?

Rupanya motor itu adalah Yamaha YZF-R1M 2020. Produksinya pun sangat terbatas dan hanya bisa dipesan via online. Cara pesannya pun ala Yamaha Indonesia, dengan menyerahkan bukti transfer sebesar 500 US Dollar dan kemudian bakal dihubungi oleh Yamaha. Pengiriman unit ke pemesan diperkirakan September 2019.

Polesan Yamaha terhadap YZF-R1M 2020 memang terlihat spektakuler. Semua terlihat serba baru, baik mesin segaris 998 cc empat silinder dengan bentuk kepala silinder yang disempurnakan oleh pabrik Iwata. Sistem suplai bahan bakar juga ada pembenahan, hingga bentuk sistem asupan udara juga direvisi, termasuk desainnya serta injektornya. Total Yamaha ingin mengeksploitasi apa yang ada di balap MotoGP ke versi jalan raya. Intinya pengendara akan merasakan pengalaman mendebarkan saat memacunya.

Sistem bukaan gas menganut tanpa kabel, RBW YCC. Setingan ECU menggunakan racikan IMU terbaru. Termasuk informasi di speedometer tentang akselerasi dan performa motor saat melakukan di lintasan balap. Pengendara pun dapat memantau dan mengetahui catatan waktu terbaiknya.

Demi memaksimalnya adrenalin penunggangnya, Yamaha mempercayakan suspensi pada Ohlins ERS (Electronic Racing Suspension) dengan kombinasi garpu NPX sistem gas. Alhasil apapun kondisi jalan, motor ini mampu melakukan peredaman secara real time, baik saat YZF sedang berakselerasi, melewati tikungan, hingga pengereman. Suspensi pun dapat diatur sesuai kemauan dan kebutuhan pengendara.

Sistem pengereman YZF menganut sistem elektronik Yamaha Brake Control buatan Bosch ABS terbaru. Cakram gandanya berukuran 320 mm dengan 4 kaliper. Semuanya dipadu dengan pemakaian pelek balap magnesium serta ban Bridgestone RS11.

Sistem elektroniknya lumayan kompleks, karena mampu memberikan input kepada motor berupa bukaan variabel katup, kontrol mengendara, sistem pengereman hingga kontrol traksi Lean Angle-Sensitive demi memaksimalkan performa motor. Beragam teknologi di MotoGP seolah-olah telah dipindahkan di motor ini. Termasuk pemakaian bodi serat karbon hingga knalpot titanium demi menghadirkan sensasi suara khas balap.

Untuk harga Yamaha membandrol YZF-R1M 26.099 US Dollar. Entah jadi berapa jika masuk ke Indonesia, bisa-bisa mencapai Rp 1 miliar. (ton/15-07-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *