GIIAS Surabaya Sekedar Test Case Atau Blunder?

GIIAS 2019 Surabaya The Series
otoplasa.com – Tak selamanya menjadi yang pertama itu memberikan jaminan kepuasan. Itu Otoplasa rasakan di suasana gelaran GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2019 Surabaya di Grand City Convex The Series. Pameran yang diklaim paling bergengsi ini ternyata justru menimbulkan dahaga yang berkelanjutan.

Alih-alih sebagai pemuas perkembangan dunia otomotif Tanah Air, tetap saja kasta Surabaya yang diposisikan sebagai serial pertama atau pembuka kalah dengan Jakarta. Kata lainnya ibukota Indonesia itu tetap menjadi barometer sentris perkembangan otomotif.

Contoh nyatanya adalah beberapa hari menjelang bergulirnya GIIAS Surabaya, DFSK telah mengenalkan Glory 560 di hadapan media di Jakarta, yang digadang-gadang bakal menjadi lawan tangguh bagi Chevrolet Trax, Honda HR-V, Daihatsu Terios, Nissan Juke, dan Toyota Rush. Kenyataannya ketika di GIIAS Surabaya justru SUV yang tengah jadi sorotan tersebut tak nampak batang bonnetnya di Booth DFSK. Seperti yang sudah-sudah, yang tampak adalah Glory 580 dan Super Cab.

PR and Digital Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK) Arviane Dahniarny Bahar kepada Otoplasa menjelaskan Glory 560 memang hanya dikenalkan terbatas kepada rekan media. Kalaupun harus ditampilkan di GIIAS Surabaya kurang tepat karena belum launching. “Jadi Glory 560 tidak bisa ikut pameran karena memang belum meluncur secara resmi dan harganya juga belum kita umumkan. Sekali lagi Glory 560 baru bisa tampil di hadapan masyarakat atau pameran jika sudah meluncur secara resmi,” wantinya.

Hal senada juga disampaikan B Welly Setiawan, Branch Manager PT Super Sukses Sejahtera yang merupakan diler Hyundai. Menurut pria ramah ini, selama tidak ada peluncuran produk baru di Jakarta, maka susah bagi GIIAS Surabaya memamerkan produk premiere. “Memang ada model baru yang akan hadir dalam waktu dekat memperkuat jajaran SUV, yaitu Hyundai Kona,” tegasnya.

Uniknya, dua narasumber di atas, baik dari DFSK dan Hyundai memberikan signal bahwa gacoan terbarunya akan meluncur April di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 JIEXPO Kemayoran, Jakarta, tepatnya pada 25 April – 5 Mei 2019. Hanya jeda beberapa pekan usai GIIAS Surabaya 2019!
Artinya bagi Otoplasa GIIAS 2019 Surabaya The Series merupakan anti klimaks atau terlalu terburu-buru menuju puncak kenikmatan.

Test Case Pilpres 2019
Hal menarik lainnya jika dicermati, GIIAS 2019 Surabaya seakan menjadi ‘test case’ seberapa besar dampaknya menjelang pelaksanaan Pilpres yang berlangsung serentak secara nasional pada 17 April 2019.

Ingat GIIAS 2018 Surabaya lalu sukses menyedot jumlah pengunjung hingga 50.384 orang dan ini menjadi alasan petinggi GAIKINDO, bahwa pilpres tak akan menyurutkan minat masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Kenyataannya?
Memang saat ini GIIAS 2019 Surabaya masih berlangsung hingga 7 April 2019, dan jika dibandingkan ajang tahun lalu kemungkinan hasilnya bakal berbeda. Selain pilpres, yang diyakini bisa membikin konsumen menunda untuk membeli mobil baru, dalam beberapa pekan ke depan akan ada persiapan anak masuk atau kenaikkan sekolah. Artinya konsumen bakal lebih selektif dalam membelanjakan dananya, demi kebutuhan yang lain.
Kira-kira momen GIIAS 2019 Surabaya tepat atau nggak ya jelang pilpres? Dimana IIMS 2019 Jakarta saja menunggu sepekan usai ajang pilpres.

Terselamatkan Ayla Turbo & Ertiga Sport
Tak menampik, ajang GIIAS 2019 Surabaya The Series masih sangat menarik untuk didatangi. Di sini ada Daihatsu Ayla Turbo yang masih merupakan mobil konsep atau prototipe. Mulai desain hingga rancang bangunnya, semuanya garapan Arek Suroboyo yang sempat mengenyam ilmu di Kampus Institut 10 Nopember Surabaya atau ITS.

“Masyarakat Surabaya wajib bangga dong, ini Daihatsu Ayla Turbo semuanya karya Arek Suroboyo. Mulai dari desainernya hingga yang mengembangkan mesin turbonya. Semuanya asli Arek Suroboyo yang bikin,” bangga Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.

Selain Ayla Turbo, selebihnya yang membikin GIIAS 2019 Surabaya menarik adalah kemunculan kali pertama All New Suzuki Ertiga Sport. Desainnya tampak lebih sporty dengan berbagai ubahan luar dan dalam.

Menanti obat IIMS 2019 Surabaya
Yang sudah terjadi, biarlah terjadi. Kini tinggal menanti ajang pameran otomotif tandingan GIIAS, yaitu IIMS di Kota Pahlawan. Dijamin di pameran nanti, semua model terbaru dari APM akan tampil dalam satu lokasi.
Pertanyaannya?
Tetap mau jadi seri pertama atau bergeser ke bulan yang lain ya tahun depan. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *