Hidung Hiace Terbaru Bikin Kabin Kalah Lapang

Perbandingan dimensi Hiace lama dan terbaru. Konsekuensi hidung mancung bikin panjang kabin penumpang berkurang.

otoplasa.com – Keselamatan dan keamanan penumpang memang segalanya. Kendati harus mengorbankan kapasitas kelegaan kabin dan itu terjadi pada All New Toyota Hiace. Berkat ubahan desain depan yang lebih mancung, akhirnya panjang kabin harus terpangkas hingga 620 mm bila dibandingkan dengan Hiace model sebelumnya.

Panjang itu diukur dari jok sopir posisi tegak hingga sampai ke pintu belakang atau bagasi. Bila Hiace model sebelumnya memiliki panjang 3.000 mm, maka pada model terbaru menjadi 2.380 mm. Namun karena mobil ini berbasis van yang memang mampu memuat banyak penumpang, tampaknya masih ideal mengakomodir 13 orang.

Perubahan yang dilakukan Toyota memang sangat berdampak pada keamanan, keselamatan dan kenyamanan penumpang. Dipastikan uji crash test akan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya yang memakai hidung pesek. Sebagai catatan Hiace versi sekarang yang dijual di Tanah Air mendapatkan rangking empat bintang ANCAP saat di tes 2011 lalu.

Mengenai dapur pacu, Hiace terbaru akan mengusung pilihan;
– Diesel 2.800 cc berdaya 130kW dan torsi 420Nm yang bisa ditemui pada Toyota HiLux dan Fortuner,
– Diesel 2.500 cc dan 3.000 cc,
– Bensin 2.700 cc dan 2.200 cc.

Varian mesin yang berjibun menunjukkan bahwa Hiace akan tersedia di banyak negara. Sementara sistem penggerak ada pilihan roda belakang dan all wheel drive. (anto)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *