Jasa Raharja Jatim Santuni Korban Laka KA – Datsun Go Panca

Otoplasa.com – Lintasan jalur kereta api tak berpalang pintu kembali menelan korban jiwa hingga empat orang meninggal dunia. Peristiwa tragis yang terjadi pada Kamis (12/09) petang di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur tersebut melibatkan Kereta Api (KA) Rapih Dhoho dan Datsun Go Panca bernopol S 1681 ZD.

Keempat korban tewas itu adalah sang pengemudi bernama Wawan Rahardjo (31), warga Dusun Subontoro Timur, Desa Mojotresno, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Serta tiga penumpang mobil yang bernama Fajar Nur Hidayat (13), Sabanet De Dayev (13), keduanya warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang dan Nabila Hada Salsabila (13) asal Sidoarjo.

Kecelakaan berawal dari pengemudi mobil LCGC yang melaju dari arah Utara ke Selatan dan menyebrang jalur kereta api. Kuat dugaan pengemudi kurang hati-hati dalam melihat arah kedatangan KA. Di saat yang sama lintasan tanpa penjaga itu datanglah KA Rapih Dhoho 424 jurusan Kertosono-Surabaya yang melaju dari Barat ke Timur.

Sehubungan dengan kecelakaan antara kereta api dengan mobil penumpang yang mengakibat 4 korban meninggal dunia, Jasa Raharja menyampaikan turut prihatin atas peristiwa tersebut.

“Berdasarkan UU Nomor 34 Tentang Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dan PMK No. 16 tahun 2017, korban kecelakaan tersebut terjamin menerima santunan dari Jasa Raharja, santunan meninggal dunia untuk masing-masing ahli waris sebesar Rp 50.000.000,” terang Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Timur, Suhadi, SE, AAAIK, CRGP.

Empat penumpang tewas pengemudi Datsun merupakan seorang guru, sedangkan tiga penumpangnya masih anak-anak. Mereka berumur 13 tahun dan masih duduk di bangku SMP.

Identitas empat korban meninggal yang berhak mendapatkan santusan Jasa Raharja sebagai berikut:
1. Wawan Raharjo (31), guru, warga Dusun Subontoro, Desa Mojotresno, Kecamatan Mojoagung, Jombang. (Pengemudi mobil, meninggal di TKP)
2. Fajar Nurhidayat (13), pelajar, warga Dusun Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang. (penumpang, meninggal di TKP)
3. Sabanet De Dayev (13), pelajar, warga Dusun Kebonmelati, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang. (penumpang, meninggal di RSUD Jombang).
4. Nabila Hada Salsabila (13), pelajar, warga Dusun Kebonmelati, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang. (penumpang, meninggal di RSUD Jombang).

Disisi lain Kepala Kantor Pelayanan Jasa Raharja Mojokerto, Rafie Nasser, SH.,MH langsung ke Rumah Sakit Umum Daerah Jombang guna melakukan penjaminan santunan atas korban kecelakaan tersebut, dan segera mendata para ahli waris korban, khususnya setelah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian (Satlantas Jombang) dan PT KAI Stasiun Jombang. (*/anto/13-09-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *