Molis Erik Buell Turunan Teknologi F1

otoplasa.com – Calon konsumen motor listik (molis) mungkin harus memasukkan merek Erik Buell sebagai kandidat utama. Pasalnya nama molis seakan menjadi jaminan bahwa produknya bukan sembarangan.

Erik Buell sendiri merjer dengan Harley-Davidson Corp. Seperti diketahui HD telah menjadi motor ikonik sepanjang sejarah dan konsumen setianya tersebar di banyak negara. Seiring dengan tren molis yang melanda seluruh dunia, Erik Buell telah menyiapkan Fuell.

Nama motor yang identik dengan bahan bakar ini, murni menggunakan listrik. Fuell memberinya nama Flow dan tersedia dua model, yakni bertenaga 11 kW dan 35 kW. Untuk yang 11 kW di Eropa setara dengan motor 125 cc, sedangkan yang 35 kW masuk kategori motor A2 atau ukuran sedang. Bagi yang suka sepeda, Erik Buell juga telah menyiapkannya dan disebut Fluid.

Tentang harga, lumayan bikin kepala gatal. Bayangkan untuk motor Fuell Flow dibandrol paling murah 15.500 US dolar atau setara Rp 218 juta, sementara yang sepeda seharga 4.660 US dolar atau Rp 65 juta.

Mengapa harganya demikian tinggi?
Terungkap untuk membangun molis dan sepeda unggulannya, Erik Buell bekerja sama dengan Frederic Vasseur, prinsipal dari tim Formula 1 Alfa Romeo yang juga pendiri Spark Racing Technology, serta pembuat mobil balap listrik Formula E. Dalam proyek ini juga melibatkan Francois-Xavier Terny, pendiri Vanguard Motorcycles di New York.

Nama-nama beken di dunia kendaraan listrik ini seakan menjadi jaminan, bahwa mereka memiliki teknologi terkini. (anto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *