Nikmatnya Jadi Sales Invicta

otoplasa.com – Sawang sinawang, mungkin istilah Jawa ini lebih kerap dipakai seseorang kala mengukur tingkat kepuasan seseorang di tempat pekerjaannya. Atau lebih ekstrimnya ada pepatah ‘rumput tetangga lebih hijau’.

Ya istilah tersebut sering kita dengar. Intinya bermuara pada pandangan sesaat bahwa apa yang diterima oleh orang lain lebih nikmat, dari apa yang kita lakukan saat ini.

Nah ketika Otoplasa kembali bersua dengan para sales Invicta Toyota, tepatnya di Warung Tretes dan Cafe Legends Home yang terletak di Jalan Ketintang Madya, ternyata rata-rata puas dan menikmatinya. “Saya pernah menjadi sales di tempat lain, namun setelah bergabung dengan Invicta Toyota, saya lebih puas di sini,” kata Rensza yang didaulat menjadi PIC beberapa sales Invicta.

Rensza memaparkan di Invicta dia tak terikat waktu pekerjaan, sehingga dia bisa lebih leluasa mengatur pertemuannya dengan calon konsumen, relasi atau koleganya. “Di sini tak ada clock check seperti kantor atau tempat pekerjaan lain yang mewajibkan karyawannya absen. Kami bebas mengatur dan menentukan ritme kerja kami sendiri,” terangnya.

Namun kebebasan waktu itu tak lantas menjadikan para sales Invicta terbuai dalam kesantaian. Justru mereka dituntut kreatif untuk menggaet para pelanggan. “Kami tetap memiliki target, apalagi seperti saya sebagai supervisor dari beberapa sales. Tetap harus menjaga semangat teman-teman sales yang lain supaya target tetap terpenuhi,” wantinya.

Untuk lebih memudahkan pencapaian target yang telah dicanangkan oleh Mr President (owner Invicta Toyota), Rensza mengembalikan kepada kebutuhan bulanan tiap-tiap salesnya. “Intinya begini, berapa kebutuhan nominal rumah tangga perbulan para sales, maka mereka harus memiliki bayangan atau strategi bulan ini harus menjual berapa unit Toyota. Dari hal inilah para sales pun berlomba-lomba untuk menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan tingkat hidupnya,” ungkapnya.

Yang bikin Rensza dan beberapa tim salesnya betah di Invicta adalah bonus yang langsung cair jika telah terjadi closing penjualan dan pengiriman unit. “Misal hari ini kita deal dan closing pengiriman satu unit ke konsumen, maka saat itu juga langsung dapat uang transport Rp 1 juta kepada sales bersangkutan.”

Rensza menambahkan sistem online terpadu yang dikembangkan Invicta, sangat membantu timnya dalam menggaet konsumen. “Kita bisa memantau stok kendaraan yang ready, dan konsumen juga bisa memilih dan melihat sampai dimana alur pemesanannya. Dari sini konsumen makin yakin dan percaya untuk memilih Invicta.”

Tak kalah penting, Invicta juga telah menyediakan lokasi yang sangat representatif. “Di Warung Tretes dan Legends Home ini, justru banyak menggaet konsumen dari sini. Konsumen datang sendiri untuk sekedar makan siang atau ngopi, sambil melihat display mobil Toyota terbaru. Hingga akhirnya terjadilah deal dan closing,” bangganya.

Sementara itu Hendy Hermawan, sales yang menemani Rensza menuturkan dia punya pengalaman menarik sebagai sales. Apapun akan dilakukan demi kemudahan dan kepuasan konsumennya. “Pernah ada konsumen yang tak punya NPWP dan belum paham tentang hal ini. Akhirnya saya sendiri yang mengurus pembuatan NPWP-nya dulu di kantor pajak. Intinya kami ingin melayani sebaik mungkin agar konsumen puas dan kembali ke kita lagi,” katanya.

Akhirnya terjawab bahwa istilah sawang sinawang ataupun rumput tetangga lebih hijau, ada benarnya juga. (boi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *