Totalitas Jasa Raharja Kawal Pemudik

Otoplasa.com – Angkutan gratis bagi pemudik pulang kampung mungkin sudah biasa. Yang luar biasa selain mudik, PT Jasa Raharja (Persero) juga kembali menyediakan layanan balik. Terekam ketika memulangkan para pemudik dari Jawa Timur menuju Jakarta, yang diantarkan via stasiun kereta api di Malang dan Surabaya (Gubeng dan Pasar Turi).

Kegiatan Mudik Bareng BUMN Tahun 2019 yang diprakarsai oleh Kementrian Badan Usaha Milik Negara tersebut, merupakan bentuk sinergi beberapa BUMN. Sebagai upaya mewujudkan komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan rutin setiap tahun di masa lebaran.

Tidak hanya fokus terhadap kegiatan mudik, Jasa Raharja yang juga menyelenggarakan Balik Mudik di tahun 2019, dan berhasil memberangkatkan sebanyak 7.426 peserta kembali ke Jakarta, dimana 4.130 menggunakan moda transportasi bus dan 3.296 peserta menggunakan Kereta Api.

Adapun lokasi pemberangkatan Mudik Balik Bersama Jasa Raharja tahun 2019 selain dari Jatim, juga memberangkatkan dari Solo dengan bus (70 unit) serta Semarang (1 Rangkaian Kereta Api).

Pada pemberangkatan Kegiatan Mudik Balik Bersama Jasa Raharja, Harwan Muldidarmawan selaku Corporate Secretary PT Jasa Raharja (Persero) menyampaikan,“Jika dibandingkan dengan Tahun 2018, Terdapat peningkatan jumlah penumpang sebesar 18,10 persen, tentunya upaya untuk meningkatkan kapasitas peserta Balik Mudik akan terus ditingkatkan.”

Harwan menambahkan, bahwa Pemilihan waktu pelaksanaan Balik Mudik sendiri bertujuan untuk mengurangi kepadatan jalan menuju Jakarta. Dengan demikian kenyamanan dan keselamatan dapat terjaga dengan baik saat Mudik dan Balik Mudik Bareng BUMN.

Seperti diketahui bahwa tujuan dari kegiatan penyelenggaraan Mudik Balik Bersama Jasa Raharja, antara lain :
– Pengalihan pemudik pengguna sepeda motor ke moda transportasi bus dan kereta api untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas,
– Memenuhi keinginan masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk kembali ke Ibukota dengan nyaman dan aman.
– Langkah konkret peran BUMN dalam kegiatan pencegahan kecelakaan, • Peningkatan brand awareness dan positioning perusahaan.

Pada Tahun 2019 target pemudik yang diberangkatkan melalui moda Transportasi Bus, Kapal Laut, Kereta Api, dan Pesawat Udara sebanyak 257.266 pemudik atau naik sebesar 26,02% dibandingkan realisasi pemudik pada tahun 2018. (*/anto/13-06-2019)

Lokasi Pemberangkatan Mudik Balik Jasa Raharja 2019

Perbandingan Data Pemudik 2018 dan 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *