228 Stand Marakkan Pameran Koperasi & UMKM Expo 2018

Grand City Convex 15-19 Agustus 2018
Surabaya (otoplasa.com) – Menghadapi fenomena ekonomi milenial digital, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi, UMKM bersama PT Amara Satu Raya (A1R EVENT) menggelar pameran Koperasi & UMKM Expo 2018 yang dilaksanakan pada 15-19 Agustus bertempat di Grand City Convex Surabaya.

Pameran ini diikuti kurang lebih 228 stand dengan produk unggulan Koperasi & UMKM dari dalam dan luar Jawa Timur. Pihak yang turut berpartisipasi dalam pameran ini diantaranya adalah Koperasi Usaha Kecil & Menengah (UKM) dari berbagai daerah di Indonesia, Dekranasda Jawa Timur, Kabupaten/Kota di Jawa Timur beserta mitra-mitra binaannya, UKM Binaan BUMN/BUMD, Perusahaan perbankan, Asosiasi Binaan Dinas Koperasi, UMKM Provinsi Jawa Timur, Kriya Keris Nusantara, Pengusaha kopi dan Coklat seluruh Indonesia dan Food Truck.

Adapun tema yang diangkat di tahun ini adalah “Peran Generasi Muda Koperasi & UMKM Menghadapi Fenomena Ekonomi Milenial Menuju Revolusi Industri 4.0 ”Tema ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempersiapkan produk Koperasi & UMKM untuk segera siap menuju persaingan era global.

Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo, SH M Hum menyebutkan “Dengan semakin berkembangnya perdagangan online, maka pelaku usaha koperasi dan umkm juga harus memanfaatkan peluang ini” dikutip pada sambutan beliau saat opening ceremony Koperasi dan UMKM Expo 2018 (15/08). Kedepan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengembangkan wadah e-commerce untuk memfasilitasi pemasaran online koperasi dan UMKM Jawa Timur agar tidak kalah dalam persaingan bisnis.

“Kembali bekerjasama dengan beberapa asosiasi di Jawa Timur, kami sangat berharap Indonesia Fashion culture dapat menjadi sebuah ajang fashion show yang dapat mengangkat industri fashion local yang lebih siap untuk menghadapi fenomena milenial menuju revolusi Industri 4.0 agar mampu bersaing secara global” imbuh Yusuf Karim Ungsi, SH, MM, Direktur PT Amara Satu Raya.

Ia pun mengungkapkan acara ini tidak terlepas dari beberapa asosiasi yang turut membantu dalam pelaksanaannya, seperti Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Asosiasi Pengrajin Batik Jawa Timur (APBJ), Komunitas Usaha Kreatif Jawa Timur (KUKJ), Persatuan Pengusaha Bordir Jawa Timur (PERSADIR), Asosiasi Pengrajin Kulit (ASPEK), Perkumpulan Perajin Perhiasan dan Bebatuan (PERABA), Asosiasi Handy craft Jawa Timur dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Surabaya.

Pameran Kriya Keris Nusantara
Merupakan sebuah bagian dari acara Koperasi dan UMKM Expo 2018 dengan menjadikan pameran kriya keris nusantara ini menjadi salah satu pameran keris terbesar di Indonesia dengan memamerkan sebanyak 1.745 Keris dari seluruh nusantara. Pameran ini menjadi salah satu ikon tersendiri pada Koperasi dan UMKM Expo 2018 dengan diadakannya live pembuatan keris mulai dari hari pertama hingga hari terakhir pameran. Hal ini diharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai warisan budaya terutama pusaka yang harus selalu dilestarikan.

Indonesian Coffee and Cocoa Festival
Pameran produk kopi dan coklat dari nusantara juga merupakan bagian dari acara Koperasi dan UMKM Expo 2018 dengan mengangkat produk biji dan coklat yang berkualitas ekspor. Terdapat ceremonial pemberangkatan container biji kopi yang akan dieksport langsung oleh Bapak Gubernur Jawa Timur. Hal ini diharapkan dapat mengembangkan industry agro khususnya kopi dan coklat sehingga dapat bersaing dan mencapai pangsa pasar internasional.

SMESCO Kuliner dan Foodtruck Festival
Selain pameran pada area indoor Grand City Convex Surabaya, pada area outdoor terdapat festival kuliner yang akan diramaikan oleh komunitas foodtruck serta beberapa stand kuliner yang dapat memanjakan lidah para pengunjung Koperasi dan UMKM 2018. Dengan mengangkat komunitas foodtruck, festival kuliner tahun ini dapat memberikan kesan yang lebih kekinian dan milenial sehingga dapat menarik pengunjung untuk lebih nyaman pada area kuliner. (von)

Pakde Karwo tampak serius membatik kain

Menempa keris secara tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *