Demi Pasar Harley Davidson Kecilkan Mesin

Otoplasa.com – Mau keukeh mempertahankan mesin kapasitas besar dengan harga selangit? Tampaknya Harley-Davidson (HD) mulai tahu diri dengan berencana membikin mesin ukuran kecil.

Mesin HD pasar Asia makin mengecil hingga 388 cc

Partner yang diajak adalah Qianjiang Motorcycle dan mereknya adalah Big Hogs. Langkah ini harus ditempuh demi menyiasati angka penjualan HD yang terus menurun di negaranya sendiri, Amerika Serikat. HD berharap bersama Qianjiang bakal memotong biaya produksi dan memperoleh setengah penjualan di luar Paman Sam pada 2027.

Bila di India sudah memproduksi HD bermesin 500 cc, khusus pasar Asia yang lebih luas dapur pacu adalah 338 cc. Sangat imut bila dibandingkan mesin-mesin HD legendaris yang mencapai 1500 cc ke atas.

Reuters melaporkan analisa dari Baird, Craig Kennison menyebutkan harga Big Hogs akan terjangkau, memungkinkan munculnya pasar baru. “Pasar sepeda motor internasional sangat besar, namun Harley-Davidson berkutat dengan motor besar harga yang mahal,” terangnya.

Penjualan Harley-Davidson di China sendiri naik 27 persen pada 2018 dibanding 2017. Hanya saja akankah terkena imbas perang dagang antara President Domald Trump dengan China, mengingat Qianjing berbasis dan dimiliki oleh Volvo China Geely. Trump sempat mengancam, jika produksi HD berpindah ke China, maka akan menerapkan pajak lebih tinggi.

Akankah rencana HD akan terwujud?
Ditunggu saja produk nyatanya 338 cc! (anto/20-06-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *