Jeep Wrangler Hanya Dapat 1 Bintang ANCAP

otoplasa.com – Harga lumayan tinggi dengan penampilan yang keren belum tentu meraih 5 bintang. Itu terjadi pada JL Jeep Wrangler asal Amerika Serikat. Betapa tidak badan penguji kelayakkan kendaraan di Australia, yakni ANCAP (Australasian New Car Assessment Program) resmi mengumumkan bahwa Jeep Wrangler hanya mendapat satu (1) bintang keselamatan.

Jeep Wrangler terkapar hanya meraih 1 bintang ANCAP

Hasil pengujian yang baru diumumkan ANCAP tersebut tentu cukup mengejutkan. Popularitas Jeep Wrangler seakan ternoda sebagai kendaraan yang tangguh dan lumayan menarik banyak konsumen, khususnya di Indonesia. Bila selama ini terkenal sebagai SUV yang mampu melewati segala medan, rupanya tak terlalu istimewa untuk melindungi penumpangnya ketika terjadi kecelakaan.

ANCAP menyebutkan untuk perlindungan penumpang depan dan pengemudi (adult occupant protection), hanya mendapatkan 50% atau nilai 19,3 dari skala 38. Sedangkan perlindungan terhadap anak (child occupant protection) 80%. Khusus untuk perlindungan terhadap pejalan kaki (vulnerable road user protection) hanya 49%.

Kalah dengan kompatriotnya Ford Endura dengan 5 bintang

Jeep Wrangler sendiri baru meluncur April 2019 di Australia dan Selandia Baru. Tersedia dalam pilihan dua dan empat pintu, dengan mesin bensin dan diesel. Khusus yang diuji tabrak oleh ANCAP adalah yang versi empat pintu bermesin diesel. Meski tak menyertakan pengujian untuk tipe dua pintu maupun yang mesin bensin, namun ANCAP mengasumsikan bahwa tes yang dilakukan telah mewakili hasil seluruh varian Wrangler.

ANCAP mengumumkan hasil satu bintang uji tabrak sebagai kesimpulan bahwa Jeep Wrangler hanya menyertakan dual airbag standar di bagian depan. Airbag samping berupa pelindung kepala tidak ada, dan berlaku pula untuk penumpang belakang. Selain itu pada tipe yang diuji tak terdapat sistem pengereman darurat otonom (AEB), namun tersedia pada beberapa varian yang lain.

Tak ayal hasil tes satu bintang Wrangler berkebalikkan dengan SUV sejenis yang dipasarkan di Australia. Rata-rata pesaingnya seperti BMW X5, Volswagen Touareg, Ford Endura, Holden Acadia mendapatkan lima (5) bintang. Bisa-bisa menjadikan Presiden Donald Trump bakal dongkol bahwa ketangguhan Wrangler dalam melindungi penumpangnya tak sehebat saudaranya, Ford Endura. (anto/source:ANCAP)

 

View this post on Instagram

 

Badan penguji kelayakkan kendaraan di Australia, yakni ANCAP (Australasian New Car Assessment Program) resmi mengumumkan bahwa Jeep Wrangler hanya mendapat satu (1) bintang keselamatan. Terkenal sebagai SUV yang mampu melewati segala medan, rupanya tak terlalu istimewa untuk melindungi penumpangnya ketika terjadi kecelakaan. ANCAP menyebutkan untuk perlindungan penumpang depan dan pengemudi (adult occupant protection), hanya mendapatkan 50% atau nilai 19,3 dari skala 38. Sedangkan perlindungan terhadap anak (child occupant protection) 80%. Khusus untuk perlindungan terhadap pejalan kaki (vulnerable road user protection) hanya 49%. Info lengkap klik otoplasa ya sob. Source: ANCAP Australia #jeepwrangler #jeep #crashtest #ancap #otoplasa

A post shared by Otoplasa.com (@otoplasa) on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *