Sportcar Porsche Listrik ‘Taycan’ Laris Manis

Otoplasa.com – Sportcar asal Jerman, Porsche tampaknya bakal tersenyum lebar setelah Taycan, mobil listriknya mendapatkan respon positif dari konsumen. Betapa tidak Taycan telah mencatatkan permintaan inden hingga 30 ribu unit!

Desain Taycan perpaduan Macan & Cayenne

Bloomberg menyebutkan bahwa Pimpinan Porsche HR Andreas Haffner dalam sebuah wawancara dengan media Jerman, Handelsblatt menyatakan angka inden Taycan tercapai hanya dalam waktu lebih dari sebulan. Padahal awal rencana pembuatan dalam setahun adalah 20 ribu unit. Mengingat inden demikian pesat, maka perusahaan bakal mengoreksi dengan memproduksi Taycan sebanyak 40 ribu unit di tahun pertama.

Sebagai sportcar listrik premium, setiap penginden yang tertarik dengan Porsche Taycan harus menyiapkan tanda jadi sebesar € 2.500 ($ 2.785). Atau jika pakai mata uang kita menjadi kisaran Rp 40 jutaan.

Taycan bakal jadi sportcar paling populer

Yang menarik bila Porsche sanggup memproduksi hingga mengirimkan 40 ribu unit Taycans ke konsumennya di tahun pertama produksinya, maka sukses melampaui penjualan sportcar andalannya yang lain, diantaranya 718 Boxster dan 911. Sebagai informasi Porsche 718 Boxster terjual sebanyak 24.750 unit dan 35.573 unit untuk 911s pada 2018 lalu.

Info lain yang bikin bangga, desain Taycan masih ada sentuhan Indonesia. Dimana kental dengan model Macan, yang nama ini sengaja dipilih Porsche sebagai salah satu tipe andalannya. Taycan sendiri merupakan gabungan desain antara Macan dan Cayenne.

Berpeluang geser dominasi Tesla Model S & X

Seiring dengan respon positif dari Taycan, maka produsen mobil listrik Amerika Serikat ala Tesla wajib mawas diri, terutama model S. Tesla yang ikut menambahkan model X, sejauh ini pada 2018 lalu total bersama model S telah berhasil menjual sebanyak 99.394 unit. Prediksi terjadinya perpindahan selera konsumen ke Porsche karena Tesla S yang diproduksi sejak 2012, teramat minor perubahan desain. Bahkan wajahnya terkesan jadul dan berbeda jauh dengan Taycan yang lebih menggoda.

Terlebih CEO Tesla Elon Musk menegaskan belum ada rencana perusahaan mengupgrade sosok Model S dan X. Jadi wajar saja, terutama pasar Asia bakal hijrah ke merek Jerman yang memang lebih populer. Selain itu kabar terbaru menyebutkan bahwa seluruh jaringan dealer Porsche di seluruh dunia bakal terpasang sistem pengisian listrik cepat DC, dimana telah tersedia dana sebesar $ 70 Juta. (ton/source: Kirsten Korosec for TechCrunch/02-08-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *