1970 Sudah Ada Mobil Listrik Di Australia

Otoplasa.com – Tak ubahnya lorong waktu, hampir segala sesuatu terjadi pengulangan. Bila kini banyak orang yang membicarakan bahwa ke depan bakal populer kendaraan listrik, nyatanya di Melbourne, Australia sudah ada sejak 1970-an.

Terungkap dari foto lama yang diunggah oleh Australian Electric Vehicle Association (AEVA) di halaman Facebook-nya. Tampak seorang sedang berpose di dekat parking meter sambil men-cas listrik mobilnya. Yang menarik parking meter selain memberikan ruang parkir kepada kendaraan, juga melayani pengisian listrik. Tarifnya kala itu hanya 20 sen perjam.

AEVA menyebutkan bahwa sesungguhnya waktu itu telah ada pemikiran jauh ke depan. Dimana baik pemerintah kota setempat dan produsen mobil sudah menyosialisasikan keberadaan mobil listrik. Hanya saja mungkin karena ketidak-efisien waktu pengisian listrik yang berjam-jam, menjadikan mobil listrik kalah populer dengan kendaraan bermesin konvensional.

Untunglah berkat kemajuan teknologi, kini pabrikan otomotif telah memberikan solusi yang cukup beragam. Mulai daya tempuh mobil listrik yang mampu mencapai ratusan kilometer sekali charge, atau hanya butuh waktu 10 menit tapi sudah sanggup menempuh jarak puluhan kilometer. (anto/source:Australian Electric Vehicle Association/30-05-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *