Inilah Honda Civic Type R Terbuas Berdaya 405 PS

Civic Type R Rally Look racikan Ralph Hosier Engineering

otoplasa.com – Rasanya tak pernah bosan bila membahas seputar ketangguhan Honda Civic Type R. Sedan hatchback berpenggerak roda depan racikan Honda ini, terlalu fenomenal karena berulang-kali memecahkan rekor kecepatan di sirkuit terkenal dunia.

Type R karya Team Dynamics Motorsport

Nah salah satu kolega Otoplasa di Inggris mengirimkan kabar bahwa kini ada Civic Type R Custom yang diracik sedemikian rupa berbeda dengan versi standar dan ada 2 unit. Hebatnya lagi pengenalan Type R terbaru itu disaksikan 300 jurnalis di ajang SMMT Test Day 2019 di Millbrook Proving Ground, Bedfordshire.

Masing-masing Type R itu adalah buatan Rumah Modifikasi Team Dynamics Motorsport (TDM) dan Ralph Hosier Engineering (RHE). Utak-atik yang dilakukan TDM hanya meningkatkan potensi yang telah ada pada versi standar. Meskipun demikian dibalik TDM bercokol tim langganan juara Halfords Yuasa Racing team, yang diketahui sebagai bagian tim dari Honda British Touring Car Championship.

Artinya mobil racikannya masih legal melaju di jalan raya. Beberapa ubahan yang dilakukan TDM diantaranya;
– Mengganti ECU (Superchips),
– Sistem turbo ada peningkatan – induction system (ITG),
– Intercooler (PWR),
– Sports cat (Dream) dan
– Exhaust (Scorpion).

Bonnet Type R Ralph Hosier Engineering tampak garang

Berkat ubahan tersebut, tenaganya terdongkrak 25%, atau dari versi standar yang 320 PS melonjak hingga 405 PS dengan torsi yang sebelumnya 400 Nm menjadi 500 Nm. Sadar performa mobil sudah meningkat pesat, TDM kembali mengeset sistem pengereman dengan mempercayakan Goodridge untuk brake hoses-nya. Termasuk suspensi Eibach Pro dan anti-roll bars yang bisa disetel, serta menggunakan ban Dunlop DZ03G dengan pelek Team Dynamics ukuran 19 inci Pro-Race.

James Rodgers, manager TDM yakin para pemilik Type R bisa melakukan hal yang sama. “Kami sangat mengenal bagaimana menjadikan mobil pemenang di ajang FK8, nah disini kami ingin menunjukkan bahwa kami bisa meningkatkan potensi yang ada pada mobil ini dengan beberapa ubahan ringan. Mobil masih bisa dikemudikan sehari-hari di jalanan, tapi telah melalui modifikasi setingkat di atasnya,” paparnya.

Bila itu yang dilakukan TDM, hal berbeda ditempuh RHE. Pendekatan yang dilakukan adalah sosok tampilan luar Type R yang lebih Rally Look. Memang sih garapan RHE masih belum tuntas dan butuh waktu sebulan lagi, tapi sosoknya telah kelihatan lebih gahar.

Buritan Type R Team Dynamics Motorsport masih kental wajah standar

Lebarnya melar hingga 4 inci, mungkin demi mengakomodir profil bannya yang anti lumpur. RHE menyebutnya Civic Type R sebagai OveRland. Ini terinspirasi dari ajang Rally Raid, Overland dan Safari.

Gabungan pentas balap reli dan adventure holidaying tersebut memang membikin tampilan Civic Type R pangling. Bannya saja memakai ukuran 255/55/18 BF Goodrich. Ralph Hosier, pemilik RHE menjelaskan Type R bisa diutak-atik sesuai dengan filosofinya.

“Inilah dua interpretasi yang sangat berbeda dari Civic Type R. Sebagai mobil standar, namun terlihat canggih, sporty, dan pengendalian yang menyenangkan. Mobil modifikasi yang telah kami lakukan pun bisa didemokan layaknya mobil jalanan dan semua bisa mencobanya,” terangnya.

Jika masih banyak orang ‘gila’ yang sedemikian mabuk kepayang dengan Honda Civic Type R, bisa-bisa Honda Jepang bakal berpikir ulang untuk menutup pabrik perakitannya di Swindon Inggris. Santer terdengar peralihan teknologi ke kendaraan listik, menyebabkan Honda berencana menutup produksi Type R dan diganti dengan mobil lain yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai informasi tambahan, Type R standar mampu melaju hingga 270 km/jam. Dari posisi diam menuju kecepatan 100 km/jam membutuhkan waktu 5,7 detik. Itu semua berkat mesin 2.000 cc VTEC Turbo khas Honda. (boi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *